Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Sehat untuk Tubuh Sehat

Pertanyaan 1 :

Zat makanan yang berguna untuk mencegah penyakit gondok adalah ?
A. Yodium
B. Fosfor
C. Kalsium
D. Vitamin A

Pembahasan :

Penyakit gondok adalah penyakit dimana adanya pembesaran atau pembengkakan kelenjar Tiroid. Kelenjar tiroid terletak di bawah jakun, jadi apabila ada orang yang menderita penyakit gondok maka terlihat benjolan pada leher. 

Penyakit gondok dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kekurangan zat Yodium. Jadi untuk Pertanyaan 1 jawannya adalah poin A. Yodium. Untuk mencegah tubuh kekurangan zat Yodium, kita dapat mengkonsumsi ikan, tiram, rumput laut, sereal, serta biji bijian.

Poin B. Fosfor adalah salah satu mineral yang memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Zat fosfor dapat ditemukan pada bahan makanan seperti olahan kedelai, daging-dagingan, susu rendah lemak, serta keju. Kekurangan zat fosfor dalam tubuh akan menyebabkan kerusakan tulang, tulang akan lebih cepat rapuh.

Poin C. Kalsium adalah zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh, sama seperti zat penting lainnya. Kalsium terkandung pada beberapa makanan seperti yogurt, sarden dan salmon kaleng, almond, beberapa sayuran hijau. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan penyakit Osteoporosis, Osteomalacia.

Point D. Vitamin A adalah zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin A dapat mencegah kanker dan juga menjaga kesehatan mata dan juga sebagai zat pengoptimal perkembangan janin. Sumber makanan yang mengandung vitamin A seperti buah pepaya, sayur wortel, buah melon, serta avocado.


Pertanyaan 2 :

Vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan Gusi adalah ?
A. Vitamin A
B. Vitamin B
C. Vitamin C
D. Vitamin D

Pembahasan :

Vitamin C berguna untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, tulang, dan membentuk sel tubuh serta pembuluh darah. Vitamin C sangat efektif dalam menjaga daya tahan tubuh. Kekurangan vitamin C dalam tubuh dapat menyebabkan sariawan dan daya tahan tubuh berkurang. Jadi vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan Gusi adalah Vitamin C pada point C.

Vitamin A berguna untuk pertumbuhan tubuh, pengelihatan, kesehatan kulit  dan kesehatan rambut. Kekurangan vitamin A dalam tubuh dapat menyebabkan ganguan pada pengelihatan, seperti daya pengelihatan berkurang, gejala rabun ayam / rabun senja.

Vitamin B terdiri banyak jenis yang biasa disebut dengan vitamin B kompleks, yaitu :
  • Vitamin B1 (tiamin)
  • Vitamin B2 (riboflavin)
  • Vitamin B3 (niasin, termasuk asam nikotinat dan nikotinamida) 
  • Vitamin B5 (asam pantotenat)
  • Vitamin B6 (piridoksin)
  • Vitamin B7, juga dikenal sebagai vitamin H (biotin)
  • Vitamin B9, juga dikenal sebagai vitamin M dan vitamin B-c (asam folat)
  • Vitamin B12 (kobalamin)

Banyak mafaat yang dihasilkan oleh vitamin B antara lain adalah membantu proses metabolisme, meningkatkan fungsi otak, menjaga kadar kolesterol, seta mencegah penuaan dini.

Vitamin D berperan dalam pembentukan tulang dan gigi dalam tubuh serta mengatur penyerapan kalsium dan fosfor. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kelunakan tulang dan kerapuhan tulang (osteoporosis). Vitamin D dapat diproduksi dengan bantuan sinar cahaya matahari, sinar yang baik adalah pada rentang pagi hari hingga kurang lebih jam 10 pagi.


Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan sehat adalah makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, yang terdiri dari lauk pauk, sayuran, buah - buahan , dan susu dalam takaran yang seimbang. Makanan yang sehat wajib mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain :
  1. Karbohidrat, adalah zat gizi yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga bagi tubuh. Makanan yang banyak mengandung karbohidrat antara lain Nasi, Roti, Kentang, dan Jagung.
  2. Protein, adalah zat gizi yang berguna membentuk jaringan tubuh untuk membentuk pertumbuhan, menganti sel-sel tubuh yang sudah rusak, sebagai sumber energi, dan membentuk enzim. Sumber makanan protein dibagi menjadi dua yaitu protein hewani dan protein nabati. Contoh protein hewani adalah daging, telur, ikan, ayam. Dan contoh protein nabati adalah kedelai dan gandum.
  3. Lemak, adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh yang memiliki fungsi sebagai cadangan makanan didalam tubuh. Lemak juga berfungsi sebagi pelarut vitamin A, D, E, dan K, serta sebagai zat pembangun tubuh. Seperti protein, lemak dibagi menjadi dua yaitu lemak nabati seperti kacang wijen, kacang tanah, dan kelapa. Dan lemak hewani seperti daging, telur, dan susu.
  4. Mineral adalah zat organik yang diperlukan oleh tubuh untuk proses metabolisme, pembentukan sel, pembentukan enzim, serta pembentukan tulang dan hormon. Beberapa contoh mineral adalah :
    1. Kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi. Yang banyak ditemukan pada susu, kacang-kacangan.
    2. Besi utnuk pembentukan sel darah merah. yang banyak ditemukan pada sayur-sayuran.
    3. Fluor untuk pembentukan dan pemeliharaan gigi. Yang banyak ditemukan pada kuning telur dan susu.
    4. Yodium untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak yang mudah ditemukan pada garam beryodium.
  5. Vitamin adalah zat penting yang selalu dibutuhkan oleh tubuh untuk mejaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Vitamin ada banyak jenisnya yaitu Vitamin A, Vitamin B kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin K.

Segala bentuk makan sehat dan bergizi sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh, membentuk pertumbuhan, menjaga ketahanan tulang dan mempertahankan tubuh dari serangan penyakit. Namun perlu diperhatikan juga, konsumsi yang terlalu berlebihan akan menyebabkan efek yang sebaliknya bagi tubuh. Oleh karena itu kita harus selalu memperhatikan asupan makan dan gizi cukup dan seimbang bagi tubuh kita.

Post a Comment for "Makanan Sehat untuk Tubuh Sehat"