Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran dan Manfaat Tumbuhan bagi Mahluk Hidup di Sekitarnya

Tumbuhan merupakan salah satu jenis mahluk hidup yang mempunyai beberapa peran atau manfaat bagi mahluk hidup lain. Beberapa peran tumbuhan dijelaskan sebagai berikut.

1. Sebagai Produsen
Tumbuhan adalah mahluk hidup yang memiliki daun, batang dan akar. Tumbuhan mampu menghasilkan makanan sendiri berupa C6H12O6 (Amilum) melalui proses fotosintesis. Adapun proses fotosintesis sebagai berikut : 
6CO2 + 6H2O --> C6H12O6 + 6O2
(Karbon dioksida) + (air) --> (amilum) + (oksigen)

Bahan makanan yang dihasilkan tidak hanya dimanfaatkan untuk tumbuhan sendiri, tetapi juga dimanfaatkan oleh manusia dan hewan. Oleh karena itu, tumbuhan berperan sebagai produsen. Hewan herbivora akan memakan daun tumbuhan sebagai makanan utamanya, sedangkan manusia bisa memanfaatkan bebrapa jenis daun tumbuhan untuk dimasak seperti daun ketela pohon.

2. Sumber Makanan Cacing Tanah
Tumbuhan yang telah mati dapat dimanfaatkan sebagai sumber makanan bagi cacing tanah. Cacing tanah umumnya memakan serasah daun dan materi tumbuhan lainnya yang telah mati. Kemudian dicerna dan dikeluarkan berupa kotoran. Cacing tanah merupakan detritivitor yaitu organisme yang memakan bahan organik dan diubah menjadi partikel organik yang lebih kecil strukturnya.

3. Sebagai Penghasil Oksigen
Selain menghasilkan makanan, proses fotosintesis tumbuhan mampu menghasilkan oksigen (O2) yang sangat diperlukan oleh mahluk hidup lain untuk pernafasan. Oksigen yang dihasilkna juga membersihkan lingkungan. Dalam proses fotosintesis, tumbuhan menyerap Karbon dioksida dan menghasilkan Oksigen.

4. Sebagai tempat Berlindung
Tumbuhan juga berfungsi sebagai tempat berlindung bagi tumbuhan atau hewan yang ukurannya lebih kecil. Misalnya tumbuhan air yang mempunyai ukuran daun yang lebar dan akar yang panjang merupakan tempat berlindung ikan ikan kecil dan berudu dari predator dan perubahan lingkungan.

Contoh lainnya adalah burung yang membuat sarang di dahan pohon yang kuat dan rindang. Sarang yang digunakan sebagai tempat peristirahatan akan terlindung dari cuaca yang panas, angin kencang dan hujan.

5. Sebagai tempat Merambatnya Tumbuhan
Tumbuhan yang berupa pohon berkambium atau yang batangnya berkayu dan tinggu dapat digunakan sebagai tempat perambatan tumbuhan lain, seperti tumbuhan sirih, tumbuhan kecipir, dan tumbuhan pare. 

Dalam simbiosis komensalisme, akan ada tumbuhan anggrek yang biasanya hidup pada batang pohon yang tinggi. Pada tempat tersebut anggrek akan dapat hidup dengan baik dengan mendapatkan cahaya matahari.

6. Tempat Perkembangbiakan
Beberapa hewan memanfaatkan tumbuhan sebagai tempat untuk perkembangbiakan. Misalnya burung memanfaatkan ranting pohon sebagai tempat pembuatan sarang dan kupu-kupu yang memanfaatkan daun untuk menempatkan telurnya dan ranting untuk menggantung kepompong.

Hewan burung biasanya memilih tanaman yang memiliki batang dan dahan yang kokoh dan juga tinggi, karena dengan begitu sarang meraka lebih aman dan telur-telurnya pun lebih terjaga.

7. Tempat hidup Tanaman Lain
Tumbuhan yang besar dapat dimanfaatkan sebagai tempat hidup tanaman lain yang lebih kecil. Tanaman yang memanfaatkan tanaman lain untuk tumbuh biasanya memiliki akar lekat. Misalnya benalu yang tumbuh di batang pohon mangga. Selain benalu, tumbuhan yang sering hidup atau hinggap di tanaman lain adalah tumbuhan anggrek. Perbedaannya adalah tumbuhan benalu merugikan tanaman tersebut karena bersifat parasit, sedangkan tanaman anggrek tidak.


Pertanyaan 1 : 

Fungsi penanaman pohon di tepi jalan bagi manusia adalah ?
A. penghasil karbon dioksida pada malam hari
B. meningkatkan kelembapan dan suhu udara
C. mengurangi polusi udara oleh gas CO2
D. untuk persediaan kayu bakar

Pembahasan :

Tumbuhan mampu melangsungkan proses fotosintesis dengan bahan baku yaitu air dan gas CO2. Gas CO2 merupakan salah satu polutan udara, dengan demikian dengan adanya pohon yang berfotosintesis jadi polutan udara akan berkurang. Oksigen yang dihasilkan selama proses fotosintesis bermanfaat untuk mahluk hidup. Jawaban poin C


Pertanyaan 2 :

Manfaat tanaman bakau bagi sekolompok ikan kecil adalah ?
A. tempat berlindung
B. menghasilkan oksigen
C. menetralisir kadar garam
D. menetralisir keasaman air

Pembahasan : 

Tanaman bakau memiliki akar tunjang yan gmuncul di pemukaan tanah. Bagi sekelompok ikan, akar tanaman bakau dapat digunakan sebagai tempat berlindung dari predator. Tanaman bakau hidup di air payau. Oleh karena itu tanaman bakau juga berfungsi untuk menetralisir keasaman air dan menetralisir kadar garam. Tanaman bakau juga mampu menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis yang diperlukan mahluk hidup lain untuk bernafas. Jawaban poin A

Post a Comment for "Peran dan Manfaat Tumbuhan bagi Mahluk Hidup di Sekitarnya"