Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sumber Daya Alam dan Kelestarian Lingkungan

Sumber daya alam – Sumber Daya Alam (SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Peranan sumber daya alam di Bumi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan baik manusia , hewan dan tumbuhan. Berikut ini adalah beberapa rangkuman dan pertanyaan yang sering dijadikan soal dalam ulangan di sekolah.


Pertanyaan 1 : 

Berdasarkan jenis bendanya, sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi ?

Pembahasan :

Berdasarkan jenis bendanya , sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi 2 golongan, yaitu :
  1. Sumber daya alam hayati. Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari mahluk hidup. Misalnya adalah dari hewan dan tumbuhan, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kapas, dan benang wol.
  2. Sumber daya alam non hayati. Sumber daya alam non hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari non mahluk hidup. Contohnya adalah sinar matahari, air, udara, dan tanah.


Pertanyaan 2 :

Berdasarkan sifat sumber daya-nya, sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi ?

Pembahasan :

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu :
  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang memiliki sifat dapat pulih kembali. Contohnya air , hewan dan tumbuhan. Air dapat diperbaharui melalui proses hujan, dimana air hujan yang jatuh akan diserap oleh tanah dan akar tanaman dan dialirkan kembali melalui air tanah. Hewan dan tumbuhan dapat diperbaharui dengan cara perkembangbiakan.
  2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang akan habis apabila digunakan secara terus menerus. Contohnya adalah mineral (besi, emas, perak, tembaga, timah, nikel, aluminium, intan, belerang dan yodium, batu bara dan gas alam).


Pertanyaan 3 : 

Bagaimana cara kita menjaga sumber daya alam terjaga untuk waktu yang sangat lama ?

Pembahasan :

Beberapa cara untuk tetap menjaga sumber daya alam adalah :
  1. Menggunakan sumber daya alam dengan hemat, dan tidak membuang-buang energi sumber daya alam.
  2. Tidak menebang pohon di hutan secara membabi buta. 
  3. Menggunakan sistem tebang pilih tanam.
  4. Melestarikan lingkungan sekitar dengan menanam pohon untuk meningkatkan kadar oksigen dan mengurangi pemanasan global
  5. Tidak berburu hewan liar secara berlebihan dan untuk menjaga populasi hewan tetap terjaga dan tidak punah.


Sumber Daya Alam dan Kelestarian Lingkungan.

Kerusakan lingkungan disebabkan oleh ketidakseimbangan antara sumber daya alam yang tersedia dengan pengunaan yang berlebihan tanpa adanya pembaharuan. Contoh pemanfaatan sumber daya alam yang berlebihan adalah :
  1. Penebangan pohon dan penggundulan hutan tanpa ijin dan tanpa sistem tebang pilih tanam.
  2. Perburuan hewan-hewan langka dan perburuan hewan liar dan membabi buta sehingga populasinya menurun.
  3. Penggunaan bahan bakar dan energi secara berlebihan.

Oleh karena itu, lingkungan dan sumber daya alam harus dilestarikan. Banyak cara yang dapat kita gunakan untuk melestarikan sumber daya alam di Bumi. Beberapa cara yang bisa kita gunakan atau terapkan adalah :
  1. Tidak mengambil sumber daya alam secara besar-besaran dan berusaha mengembalikankeadaan lingkungan seperti sebelumnya. Seperti sistem tebang pilih tanam pepohonan.
  2. Menghemat penggunaan energi, seperti bahan bakar minyak dengan cara mengurangi penggunaan kendaraan bermotor untuk aktifitas sehari-hari.
  3. Pembaharuan energi dengan green energi ataupun dengan inovasi baru yang ramah lingkungan.
  4. Membudidayakan satwa liar dengan membuat cagar alam dan larangan perburuan pada daerah tertentu.

Pentingnya kesadaran dalam diri kita akan sangat membantu kita untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam. Kesadaran untuk peduli, kesadaran untuk saling menjaga antara manusia, hewan dan tumbuhan akan memberikan harmonisasi kehidupan yang bisa bertahan lebih lama untuk anak cucu kita.

Post a Comment for "Sumber Daya Alam dan Kelestarian Lingkungan"