Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bentuk Pemerintahan Monarki dan Republik

Bentuk pemerintahan - Bentuk Pemerintahan adalah suatu istilah yang digunakan untuk merujuk pada suatu rangkaian institusi politik di pemerintahan yang digunakan untuk meng-organisasi-kan suatu negara untuk menegakkan kekuasaannya atas suatu komunitas politik. Berikut ini adalah pertanyaan umum yang sering ditanyakan mengenai Bentuk Pemerintahan Monarki dan Republik.

Pertanyaan 1 : 

Bentuk pemerintahan yang dikemukakan oleh Leon Duguit dibedakan menjadi ?

Pembahasan :

Leon Duguit dalam bukunya Traite de Droit Constitutional membedakan pemerintahan dalam bentuk monarki dan republik. Perbedaan antara bentuk pemerintahan “monarki” dan “republik” menurut Leon Duguit, adalah ada pada kepala negaranya. Jika ditunjuk berdasarkan hak turun – temurun, maka kita berhadapan dengan Monarki. Kalau kepala negaranya ditunjuk tidak berdasarkan turun – temurun tetapi dipilih, maka kita berhadapan dengan Republik. 


Pertanyaan 2 : 

Dalam ketatanegaraan, bentuk pemerintahan monarki dibedakan menjadi ?

Pembahasan :

Dalam praktik – praktik ketatanegaraan, bentuk pemerintahan monarki dapat dibedakan menjadi:
  • Monarki absolut : Monarki absolut adalah bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang dikepalai oleh seorang (raja, ratu,, syah, atau kaisar) yang kekuasaan dan wewenangnya tidak terbatas. Perintah raja merupakan wewenang yang hrus dipatuhi oleh rakyatnya. Pada diri raja terdapat kekuasaan eksekutif, yudikatif, dan legislatif yang menyatu dalam ucapan dan perbuatannya. Contoh Perancis semasa Louis XIV dengan semboyannya yang terkenal L’etat C’est Moi (negara adalah saya).
  • Monarki konstitusional : Monarki konstitusional adalah bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang dikepalai oleh seorang raja yang kekuasaannya dibatasi undang – undang dasar (konstitusi).
  • Monarki parlementer : Monarki parlementer adalah bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang dikepalai oleh seorang raja dengan menempatkan parlemen (DPR) sebagai pemegang kekuasaan tertinggi. Dalam monarki parlementer, kekuasaan, eksekutif dipegang oleh kabinet (perdanan menteri) dan bertanggung jawab kepada parlemen. Fungsi raja hanya sebagain kepala negara (simbol kekeuasaan) yang kedudukannya ridak dapat diganggu gugat. Bentuk monarki parlementer sampai sekarang masih tetap dilaksanakan di negara Inggris, Belanda, dan Malaysia.


Pertanyaan 3 : 

Jelaskan pengertian bentuk pemerintahan Republik !

Pembahasan :

Bentuk Pemerintahan Republik berasal dari kata res publica yang artinya kepentingan umum. Pemerintahan republik adalah bentuk pemerintahan yang berasal dari (dipilih) rakyat  dan dipimpin atau dikepalai oleh seorang presiden untuk masa jabatan tertentu. Indonesia merupakan salah satu contoh negara yang berbentuk kesatuan dengan bentuk pemerintahan republik dan sistem pemerintahan berbentuk quasi presidensial (presidensial dengan ciri-ciri parlementer).


Pertanyaan 4 : 

Dalam ketatanegaraan, bentuk pemerintahan republik dibedakan menjadi ?

Pembahasan :

Dalam pelaksaaan bentuk pemerintahan republik dapat dibedakan menjadi republik absolut, republik kontitusional, dan republik parlementer. 
  • Republik absolut : Dalam sistem republik absolut, pemerintahan bersifat diktator tanpa ada pembatasan kekuasaan. Penguasa mengakibatkan konstitusi dan untuk melegitimasi kekuasaannya digunakanlah partai politik. Dalam pemerintahan ini, parlemen memang ada, namun tidak berfungsi. 
  • Republik konstitusional : Dalam sistem republik konstitusional, presiden memegang kekuasaan kepala negara dan kepala pemerintahan. Namun, kekuasaan presiden dibatasi oleh konstitusi. Di samping itu, pengawasan yang efektif dilakukan oleh parlemen. 
  • Republik parlementer : Dalam sistem republik palementer, presiden hanya berfungsi sebagai kepala negara. Namun, presiden tidak dapat diganggu – gutat. Sedangkan kepala pemerintah berada di tangan perdana menteri yang bertanggung jawab kepada parlemen. Dalam sistem ini, kekuasaan legislatif lebih tinggi dari pada kekuasaan eksekutif.

Post a Comment for "Bentuk Pemerintahan Monarki dan Republik"