Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Golongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

Pertanyaan 1 :

Hewan Pemakan daging disebut dengan ?
A. Herbivora
B. Insektivora
C. Karnivora
D. Omnivora

Pembahasan :

Untuk melangsungkan kehidupannya, dunia hewani memerlukan makanan setiap hari. Masing-masing hewan memiliki makanan yang berbeda-beda. Ada hewan yang memakan daun - daunan, ada hewan yang memakan daging, dan ada hewan yang memakan daun dan daging.

Hewan pemakan daging disebut dengan karnivora. Contoh hewan pemakan daging adalah Harimau , Singa, Serigala, Komodo, dsb. Hewan karnivora biasanya memiliki struktur gigi seri yang kecil dan tajam yang berfungsi untuk mengerat dan memotong makanan. Struktur gigi taring hewan pemangsa daging (karnivora) bentuknya besar, panjang dan tajam yang berfungsi untuk berburu (menyerang mangsa) , merobek dan mengoyak makanannya. Jadi jawaban untuk soal diatas adalah C. Karnivora.

Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan atau daun - daunan. Berbeda dengan hewan karnivora, gigi taring hewan herbivora tidak berkembang dan bahkan tidak ada. Gigi geraham hewan herbivora berukuran besar , lebar dan rapat yang berfungsi untuk mengunyah dan menggilas makanan. Misalnya saja struktur gigi sapi sebagai hewan herbivora. Lidanya kasar berguna untuk mengambil daun daunan dan tidak akan terluka oleh daun yang tajam seperti rumput gajah. Contoh hewan herbivora adalah kambing, sapi, kuda dan kijang.

Omnivora adalah hewan pemakan segala atau hewan pemakan tumbuhan dan daging. Contoh hewan omnivora adalah monyet, tikus, babi hutan, dan luwak. Hewan omnivora memiliki gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham yang berkembang dengan baik. Gigi geraham pada hewan omnivora berfungsi untuk melumat makanan. Gigi seri berfungsi untuk memotong makanan, dan didi taringnya berfungsi untuk mengerat atau menyobek makanan. Selain hewan, Manusia juga mahluk hidup pemakan segala.

Insectivora adalah hewan pemakan serangga. Hewan insectivora biasanya memakan serangga, telur serangga, ulat, kepompong, hinga serangga dewasa. Beberapa contoh hewan pemakan serangga adalah katak, reptil (kadal, iguana), pisces (seperti beberapa ikan air tawar), dan beberapa jenis burung (termasuk ayam).


Bagaimanakah peranan golongan hewan tersebut dalam Rantai Makanan ?

Rantai makanan merupakan peristiwa makan dan dimakan antara mahluk hidup dengan urutan tertentu. Dalam rantai makanan umumnya terdapat peran produsen, konsumen, dan dekomposer.

Produsen adalah peran mahluk hidup yang menghasilkan makanan sendiri seperti tumbuhan. Kemudian konsumen adalah peran mahluk hidup yang terbagi menjadi beberapa tingkatan Seperti konsumen premier, konsumen sekunder, dan konsumen tersier. Contoh konsumen premier (konsumen I) adalah kelinci, ulat, sapi yang umumnya sebagai hewan herbivora. Konsumen sekunder merupakan mahluk hidup pemakan konsumen pertama misalnya burung, ular, rubah danbiasanya diisi oleh hewan karnivora. Kemudian konsumen tersier biasanya diisi oleh hewan karnvora yang tidak bisa dimakan oleh hewan karnivora lainnya (atau harus memakan antar sesamanya pada tingkat rantai makanan tertinggi) contohnya adalah singa, serigala, dan elang.

Dalam siklus terakhir rantai makanan, dekomposer adalah pengurai atau organisme yang mempu merubah zat organik menjadi anorganik. Bangkai hewan mati akan diuraikan oleh hewan pengurai yang nantinya akan menjadi nutrisi untuk kesuburan tanah dan digunakan sebagai bahan makanan bari produsen.

Post a Comment for "Golongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya"